Pages

Kamis, 14 Februari 2019

A Little Disappointed


“Seribu kebaikan akan kalah dengan satu keburukan.” Kini aku rasa kata-kata itu ada benarnya juga. Memang betul, ketika seseorang berbuat seribu kebaikan, itu semua tidak akan ada artinya ketika ia berbuat satu keburukan. Memang rasanya tidak adil, namun satu keburukan tersebut akan terus diingat, tak peduli berapa banyak kebaikan yang telah diperbuat.

Hari ini aku belajar bahwa orang yang selalu kita anggap baik tak selamanya baik. Bisa saja penilaian kita salah, karena sebenarnya orang itulah yang justru akan menjatuhkan kita. Kita tidak akan pernah tahu rencana dari seseorang. Kita hanya dapat menilai seseorang dari luarnya saja.

Aku mengaku salah. Aku tidak pernah berpikiran negatif terhadap seseorang. Aku selalu menilai semua orang sama, menilai kebaikannya saja. Namun hal tersebut ternyata dapat menjadi bumerang bagi diriku sendiri. Orang yang selama ini aku anggap baik, ternyata tanpa kutahu dibelakangku memiliki kepribadian yang lain, yang bisa menjatuhkanku kapan saja.

Kecewa? Tentu saja. Aku merasa selalu berusaha menjaga kata-kata. Namun terkadang orang lain berkata tidak baik, yang tanpa mereka tahu dapat melukai perasaan orang lain. Bukannya terlalu perasa, namun jika kau ada di posisi itu, kau akan tahu bagaimana rasanya.

Mulai hari ini, aku akan belajar untuk tidak terlalu menilai baik seseorang. Dan biarlah.. Biar saja orang lain berlaku yang tidak baik kepada kita, namun kita tidak boleh melakukan hal yang sama. Sabar dan ikhlas, itu kuncinya. Dan semoga selalu dapat dilapangkan hatinya untuk mudah memaafkan.

0 komentar (+add yours?)

Posting Komentar