Pages

Senin, 21 Februari 2011

MOKA event :)


helloooo, rasanya udah lama gak bikin postingan :D

tau gak? beberapa waktu yang lalu aku ikutan MOKA (mojang jajaka) di sekolah.. haha.. aku gak sengaja ikutan ajang MOKA itu. awalnya sih cuma iseng-iseng aja. tapi kok malah jadi berkelanjutan ya? hehe.. gini ceritanya sampe aku bisa ikutan MOKA..


pagi itu, anak-anak kelas pada ribut ngomongin tentang MOKA. sebenernya aku pernah ada niat pengen ikutan, tapi karena udah ada wakil dari kelas aku (mojangnya Winda, jajakanya Dede) jadi yaudah aku gak ngarep lagi buat ikutan.. :/ pas anak-anak lagi ngomongin itu, aku ikut ngedengerin ajaa, dan sekali-sekali ikut nimbrung di obrolan mereka. terus ada yang bilang, katanya Winda gak mau ikutan, dan malah aku yang disuruh ikutan. aku kaget dong.. (sekaligus seneng juga sih, haha) jadi yaudah, kita sepakat kalo aku yang bakal jadi wakil dari 11 IPA 1. terus aku nanya ke anak OSIS, kapan mulai ada tes-tesnya. dan dia bilang siang ini mulai tes tulis. gubrak!! belum juga ada persiapan.. -_____- jadi yaudahlah dari situ, nekat ikut tes tulis pas siangnya. hari itu hari sabtu, jadi setengah 12an juga kelas udah bubar. pulang sekolah langsung aja ke lab IPA (katanya disana tes tulisnya). pas dateng, di lab masih sepi, baru ada beberapa anak OSIS. aku nunggu aja di luar lab sama Dede, yang sama-sama wakil dari kelas 11 IPA 1. pas lagi nunggu tes dimulai, dateng si ba**l sama temennya. oh no, dia ikutan juga! -__-" aku tiis-tiis aja disana, pura-pura gak ngeliat. peserta mulai berdatangan.. aku rada deg-degan, takut gak bisa ngerjain soal. aku pesimis.. disaat kayak gitu aku butuh dia.. :( langsung aja aku sms, dan itu bikin aku sedikit tenang :) sekitar jam 12an, tes tulisnya dimulai. soalnya tuh terdiri dari pelajaran b.Indonesia, b.Inggris, matematika, b.Sunda, sama PU. soalnya lumayan susaaah, jadi ngerjainnya kerjasama sama si Dede. :P sekitar satu jam-anlah di kasih waktunya. hmm, waktu itu hari sabtu, dan hari senin udah diumumin siapa yang lolos tes tulis. dan ada nama aku disana! yeahh! \m/ dari 12 pasang yang ikut tes tulis, 9 pasang yang lolos.. :)

setelah lolos tes tulis, aku harus nyiapin buat ikut tes bakat. disitu aku mulai bingung, apa bakat aku?? haaa :( aku nanya ke temen-temen yang taun kemaren ikutan MOKA juga. katanya tampilin aja apa yang kita bisa. mulai bingung lagi nih. hmm mungkin nyanyi aja kali ya.. meskipun gak mahir, tapi cuma itulah yang aku bisa :( awalnya sempet kepikiran buat ngawih, tapi karena gak terlalu bisa, jadi aku cuma ngapal-ngapalin aja lagu-lagu sunda, tapi pas latihan lebih fokus ke lagu-lagu indonesia. tadinya mau lagu luar, tapi takut gak boleh.. soalnya ini kan acaranya berbau sunda, masa dong aku malah nyanyiin lagu luar?! :/ disitu aku mutusin mau nyanyiin lagunya Geisha yang judulnya "selalu salah". menurut aku lagu itu ringan, jadi mungkin aku coba buat optimis aja, pasti aku bisa. tadinya kan tes bakat mau diadain pas hari sabtu, tapi pas hari jumat dikasi pengumuman katanya tesnya dimajuin jadi hari jumat.. haaa belum siap banget dong! lagunya juga belum menguasai, dan belum terlalu hafal. siangnya pas tes bakat, sempet minder ngeliat peserta-peserta lain yang pada berbakat. minder sumpah, minder. untung kata panitianya karena waktu itu hari jumat, jadi semua peserta calon jajaka yang udah nampilin bakatnya, dipersilahkan buat keluar, karena sebentar lagi mau jumatan. jadi pas giliran aku, yang nontonnya ga terlalu banyak, dan cewek semua. yeee :D sebelum aku tampil, ada temen aku (Desi ipa 3), dia nampilin bakatnya nyanyi sambil maen gitar, sama akting. pas akting dia kan butuh seseorang buat nemenin dia akting tuh, terus dia nunjuk aku! walaaahh, aku kan ga bisa akting -_-" terus disana aku akting aja. pertamanya dapet peran protagonis, yang cuma dimarah-marahin doang. wkwkwk. terus yang keduanya aku dapet peran antagonis, yang diharusin marah-marah. hahaha aku ngemarahin si Desi we, sampe teriak-teriak. sampe yang nonton dari luar juga pada nengok tuh di jendela.. haha xD pas udah selesai aktingnya, udah aja duduk lagi. sambil nunggu, aku sambil mikirin mau nyanyiin lagu apa. soalnya lagu itu belum hafal.. jurinya juga sempet bilang ke peserta yang sebelumnya, katanya tampilin apa yang kita kuasain. disitu terus mikir, dan akhirnya aku mutusin buat nyanyiin lagunya R.Kelly yang "I believe I can fly" karena aku udah sering nyanyiin lagu itu, dan juga karena lumayan menguasai. satu peserta tampil, terus si MC manggil nama aku deh. maju ke depan, terus nyanyi. aku coba buat nyanyi santai sesantai mungkin, biar gak keliatan nervousnya. pas udah nyanyi langsung dikomentarin sama juri, waktu itu cuma bu Susri yang ngomentarin (jurinya ada dua, bu Susri sama bu Deti. tapi cuma satu juri yang dipersilahkan mengomentari). sama bu Susri kan udah deket, udah sering bercanda di fb, jadi udah gak asa-asa. si ibunya juga senyam senyum aja we. komentarnya singkat, cuma bilang "bagus, tapi masih keliatan nervousnya". akting yang tadi juga dinilai.. haha.. jadi lumayanlah, nampilin dua bakat. nyanyi + akting :) pas semua perserta udah tampil, langsung aja pada bubar. aku sempet nanya-nanya ke temen-temen yang nonton dan minta tanggapan mereka tentang penampilan aku. dan katanya, lebih bagus di akting daripada nyanyi! soalnya pas nyanyi suaranya gak lepas. hahaha jadi geli ngedengernya. iya gitu bagus? perasaan biasa-biasa aja deh. haha :P

tiga hari kemudian, tepatnya pada hari senin, diumumin siapa yang lolos tes bakat. dan ternyata aku lolos! haha.. seneng ;D lolos dari tes bakat artinya lanjut ke interview, yang juga disebut babak final. interview diadain hari sabtu, tanggal 12 februari 2011 (kalo gak salah). jadi cuma ada waktu 4 hari (selasa-jumat) buat nyiapin semuanya buat ntar interview. hari-hari itu aku pake buat nyari segala sesuatu yang ada kaitannya dengan budaya sunda, dan juga aku ngapalin beberapa kawih sama beberapa pupuh, takutnya ntar ada tes bakat lagi pas interview. selama itu aku jadi lebih tau tentang apa aja kebudayaan sunda itu, kehidupan orang sunda, dan segala sesuatu yang ada kaitannya dengan tanah sunda. aku juga jadi lebih tau gimana tata krama dalam pergaulan, gimana cara ngomong yang baik, dan banyak lagi.. semua itu aku dapetin pas lagi karantina.. :)

sehari sebelum interview, aku sibuk nyari-nyari baju yang cocok buat besoknya. bajunya itu harus kebaya, dan sepatunya harus high heels. bingung tuh nyari kebaya. udah ke tempat sewa kebaya, eh ngga ada yang cocok.. jadilah pas hari H aku pake kebaya punya mama, yang modelnya gak bangeeet -__- huaaaa, kepaksa deh, daripada gak ada baju :( pas hari sabtu, jam 10 aku udah mulai dispen. mulai di make up-in, karena katanya acara dimulai jam 1. nge-make upnya butuh waktu lama, jadi acaranya ngaret, mulainya sekitar jam 2 kurang. kita semua langsung aja ke lapang. lengkap pake kebaya + high heels. di lapang juri udah stand by, penonton juga udah mulai rame. aku nyari anak-anak kelas, siapa tau aja ada yang nonton, sekadar buat ngasih semangat. tapi ternyata gak ada.. cuma ada beberapa orang, yang ikutan ekskul :( pas semuanya udah ngumpul, langsung deh acaranya dimulai. pertamanya semua peserta jalan cat walk di tengah lapang, terus balik lagi ke tempat semula. terus dipanggil deh sepasang-sepasang buat diinterview di tengah lapang. aku no urut 3. selama nunggu deg-degan banget, takut gak bisa jawab. tapi nyoba buat optimis ajalah.. pas pasangan no urut 2 udah hampir selesai, aku mulai siap-siap. pas musiknya udah mulai, langsung deh jalan catwalk ke tengah lapang bareng sama Dede. dia dari sudut lapang sebelah kiri, aku dari sebelah kanan, terus ketemu aja di tengah. kita ngadep ke juri, terus memperkenalkan diri. jurinya ada 5. tapi di lapang cuma di interview sama 2 juri, sisanya di ruangan, jadi kita yang nyamperin juri (sistem baru katanya). tapi ya baguslah, jadi gak terlalu grogi karena ditonton sama banyak orang. haha :D interview berlangsung sekitar 2 jam-an, jam 4 udah selesai. alhamdulillah aku bisa jawab semua pertanyaan dari juri.. :) tapi aku pesimis banget bukan aku yang menang, karena peserta yang lain pada bagus-bagus.. sedangkan aku? :P

senin 14 februari 2011 sesudah upacara, diumumin siapa pemenangnya.. dan ternyata.. yang terpilih jadi mojang itu Muthi'ah, dari 10-4 . dan jajakanya Nanang, dari 11 IPS 1. hmm, selamat deh. kalian emang cocok jadi mojang sama jajaka :)

aku gak nyesel pernah ikutan ajang pemilihan itu, karena pengalamanku jadi bertambah, dan aku jadi lebih tau tentang hal-hal yang belum pernah aku tau sebelumnya, khususnya tentang kebudayaan sunda :) makasih buat semua pihak yang udah ngedukung aku buat ikutan ajang pemilihan itu. sekali lagi makasih :)










3 komentar (+add yours?)

Ulfah Nure Zulfa Setiadi mengatakan...

cantik elva kamunya :))

Elva Dwi Varana mengatakan...

makasih ulfah :)

Anonim mengatakan...

panjang teuing shen.. cape maca na.. singkat aja.. GOOD JOB sista

Posting Komentar